Manfaat mempelajari sejarah Hindu-Buddha (khususnya di Indonesia)

Mempelajari Sejarah Indonesia tentu tak lepas dari perkembangan keadaan sosial, politik hingga agama. Dan dalam mempelajari perkembangan agama di Indonesia tentu tak lepas pula dari sejarah masuknya agama Hindu-Buddha yang merupakan agama luar yang pertama kali datang di Indonesia.
Dan kemudian hingga terbentuknya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha yang dimulai dari sekitar abad ke-4 yakni kerajaan Kutai hingga Majapahit. Mengapa kita sebagai rakyat Indonesia khususnya para pelajar wajib mempelajari hal ini hingga menjadi materi wajib di kurikulum nasional pelajaran Sejarah Indonesia?

Segala sesuatu yang dipelajari manusia sepatutnya haruslah bermanfaat terutama bagi orang yang mempelajarinya, begitu pula dengan sejarah. Setelah di artikel sebelumnya dijelaskan mengenai manfaat sejarah bagi kita, kini akan dibahas manfaat mempelajari sejarah khusus untuk sejarah Hindu-Buddha di Indonesia

Berikut manfaat mempelajari sejarah Hindu-Buddha di Indonesia :
  1.  Kerukunan umat beragama yang terjadi pada masa ini, itu terlihat pada masa kerajaan Mataram Kuno, dimana disitu umat Hindu dan Buddha hidup rukun dan damai. Itulah yang sepatutnya kita lakukan khususnya dalam menghadapi keheterogenitasan yang ada di Indonesia yang mana kita ketahui Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan ratusan suku dan bahasa. Tentu ini menjadi hal yang rawan bagi kesatuan dan persatuan bangsa yang mana ego kedaerahan yang ada pada masing-masing individu tertentu di Indonesia.
  2. Semangat perjuangan dalam mempersatukan rakyat pribumi yang dicontohkan oleh Gajahmada dan Kerajaan Sriwijaya. Kita harus mengilhami bahwasanya kita yang sudah bersatu di bawah naungan NKRI seharusnya bisa menjaga persatuan dan kesatuan dan tugas kita ialah menjaga kesatuan dengan semangat persatuan.
  3. Dengan mempelajari sejarah ini kita dapat mengetahui asal-muasal dan perkembangan yang terjadi di Indonesia
  4. Persaingan dalam pembangunan yang dicontohkan oleh Wangsa Syailendra yang membangun candi borobudur untuk menyaingi candi Prambanan yang dibangun oleh Wangsa Sanjaya. Ini adalah persaingan yang baik yang mana bermanfaat khususnya dalam pembangunan bangsa.
  5. Menghindari perbuatan-perbuatan buruk yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan, serta menimbulkan perpechan
  6. Mengenal lebih jauh apa Indonesia dan siapa kita
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat kita ambil dari mempelajari sejarah Hindu-Buddha. Thx wa Jazakumullahu khairan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Positif dan Negatif Kedatangan Bangsa Eropa di Indonesia (6 periode)

Dampak Positif dan Negatif Kedatangan Bangsa Eropa di Indonesia (6 periode)